Recipe: Tasty Soto Ayam khas Tasik

Posted on

Soto Ayam khas Tasik. Kuliner asal Tasikmalaya ini terbuat dari daging Ayam yang disiram dengan kuah santan. Sebagian orang menggoreng ayam yang sudah direbus sebelum di suwir suwir. Di resep ini saya tidak menggorengnya lagi.

Soto Ayam khas Tasik Posbar soto,posbar semanggi jcco dan posbar semarak minggu ini saya pilih Soto ayam khas tasik,salah satu nya karena bumbu nya sangat sederhana. Berbicara tentang soto Nusantara, bagi kamu yang warga asli Tasikmalaya, Jawa Barat, pastinya sudah tak asing dengan soto khas daerah sana dong. Serupa dengan jenis soto lainnya, kuliner asal Tasikmalaya ini terbuat dari daging yang disiram dengan kuah santan. You can cook Soto Ayam khas Tasik using 20 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Soto Ayam khas Tasik

  1. Prepare of ayam fillet (bisa pakai ayam utuh juga).
  2. You need of santan kara.
  3. It’s of daun salam.
  4. You need of sereh.
  5. You need of lengkuas.
  6. You need of garam – sesuaikan.
  7. You need of lada bubuk.
  8. It’s of air kaldu.
  9. It’s of Bumbu Halus.
  10. You need of bawang merah.
  11. Prepare of bawang putih.
  12. You need of kemiri.
  13. It’s of Bahan Pelengkap.
  14. It’s of kentang ukuran sedang, potong dadu.
  15. Prepare of tomat merah ukuran besar.
  16. You need of daun bawang.
  17. You need of emping.
  18. It’s of Jeruk nipis.
  19. Prepare of Bawang goreng.
  20. Prepare of sambal.

Soto tasik ini menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Semua bagian ayam masuk semua ke dalam sotonya. Ada usus, ati ampela, ceker bahkan kepala. Setelah melihat pesan mamahcookpad untuk meramaikan #PekanRayaSoto pilihan saya jatuh ke Soto Khas Tasik.

Soto Ayam khas Tasik step by step

  1. Haluskan bumbu halus, tumis sebentar dengan sedikit minyak. Sisihkan. Cuci bersih ayam, keringkan permukaan daging ayam dengan tissue dapur agar bumbu bisa meresap dengan sempurna.
  2. Didihkan air kaldu bersama dengan ayam.Setelah mendidih, masukkan bumbu halus yang sudah ditumis. Aduk rata. Setelah air mendidih, masukkan santan, garam, lada dan kaldu bubuk.
  3. Aduk santan hingga tercampur rata dengan air kaldu dan bumbu. Biarkan beberapa saat dan ayam empuk. Tes rasa. Keluarkan daging ayam. Suwir suwir. Sisihkan. Kupas dan cuci bersih kentang. Iris tipis atau potong dadu, goreng hingga matang, angkat, tiriskan, Sisihkan.
  4. Iris daun bawang dan tomat. Satukan bahan pelengkap di 1 wadah. Penyajian : satukan suwiran ayam, kentang goreng, tomat, dan daun bawang dalam mangkok..
  5. Tuang kuah soto. Taburi dengan bawang goreng dan emping. Tambahkan irisan jeruk nipis dan sambal. Yummy… ^-^.

Dari warnanya, kuah soto Tasik terlihat bening tetapi tertutup dengan bubuk merica di atasnya. Sama halnya dengan sajian soto Nusantara lainnya, soto Tasik paling enak disajikan hangat bersama nasi hangat pula. Menurut Ibu Rina, tidak ada yang spesial dalam soto ayam ini. Tetapi yang membuat soto ayam pataruman ini laku dan menjadi menu favorit adalah dengan berusaha menjaga dan mempertahankan citarasa yang khas pada soto tersebut. Rugi kalau tidak mencoba hidangan ini, soto ayam khas Tasikmalaya.