Easiest Way to Prepare Yummy Kue Pare

Posted on

Kue Pare. Kue pare atau pepare ini kue tradisional khas Banjar (Kalimantan Selatan). Nah moms di artikel kali ini aku mau membuat kue pare siram saus santan. Dalam video kali ini saya akan memberikan resep dan cara membuat kue pare pare yang mudah dan enak.

Kue Pare Mirip sayur pare, tapi tidak pahit. Warnanya hijau terang, terdapat garis-garis di tengahnya. Manisnya perpaduan antara kelapa dan gula merah asli. You can have Kue Pare using 14 ingredients and 6 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Kue Pare

  1. Prepare 1/2 kg of Tepung Ketan.
  2. You need 2 sdm of Tepung beras putih.
  3. Prepare 300 cc of santan cair hangat.
  4. Prepare Secukupnya of garam.
  5. It’s Secukupnya of air kapur sirih.
  6. Prepare Secukupnya of Pasta Pandan (bisa diganti dengan air pandan asli).
  7. Prepare of Unti Kelapa.
  8. It’s 1 butir of kelapa parut.
  9. You need 1/4 kg of gula merah.
  10. Prepare 1/2 sdt of garam.
  11. You need 2 sdm of gula.
  12. Prepare Secukupnya of air kapur sirih.
  13. You need 2 buah of daun pandan cuci bersih dan ikat.
  14. It’s Secukupnya of Air putih.

Kue ini juga populer di Kota Palembang. Pada dasarnya pembuatan kue pare terdiri atas dua bagian. Kue Pare isi kelapa gula merah dengan Fla Santan merupakan salah satu kue tradisional yang berasal dari Provini Kalimantan. Cara Membuat Kue Pepare – Pertama kali bikin kue pepare yang merupakan salah satu jajanan pasar khas Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Kue Pare step by step

  1. Unti : Didihkan air, gula merah, gula pasir, garam & air kapur sirih. Jika gula sudah larut dan mengental masukan kelapa parut. Aduk selama ±10 menit. Angkat dan Sisihkan..
  2. Campur tepung ketan, tepung beras, garam dan air kapur sirih. Tambahkan santan hangat, uleni sampai kalis & bisa dibentuk. Jika santan hangat kurang, bisa ditambah dengan air hangat..
  3. Jika sudah bisa dibentuk, ambil 1 sdm adonan, bentuk mangkok. Masukan unti kelapa secukupnya. Tutup dan bentuk agak lonjong..
  4. Garis bagian atasnya dengan garpu (lebih mudah setelah didiamkan beberapa saat).
  5. Kukus di dandang ±20 menit, sampai kue berubah warna & agak mengembang..
  6. Angkat dan sajikan selagi panas..

Kalau kata saya sih kue pepare alias kue basah bentuk pare berwarna hijau ini mirip sekali dengan kue ku. Hay teman memasak kali ini saya akan berbagi cara membuat kue parebahan: Jika Sumenep punya kue mento, Riau kue bangkit, maka Palembang punya kue pare, bolu suri yang mirip bika ambon, kue gonjing, kue kumbu, dll. Berikut ini merupakan aneka jajanan dan kue khas Palembang yang wajib dicoba ketika berkunjung ke ibukota Sumatera Selatan tersebut. Kue khas Banjar Kalimantan Selatan ini,kalau dari rasanya mirip kue mendut Jawa. Bedanya kue pare ini di sajikan dengan vla santan kental,sayangnya tadi saya gak sempat membuat vlanya tapi begitu aja udah enak kok.