Easiest Way to Make Delicious Sop ikan patin kuah asam, seger bgt

Posted on

Sop ikan patin kuah asam, seger bgt. Ikan apa yang lemaknya paling enak *menurut saya ya hehe. Yang jawab ikan patin berarti satu selera dengan saya. Ikan patin ini enak banget di goreng gitu aja, di bikin sop, atau di pepes.

Sop ikan patin kuah asam, seger bgt Pokoknya lagi seneng masak lauk yang berkuah, biar seger dan semakin bertambah nafsu makannya. Lihat juga resep Sop Ikan laut (simple seger) enak lainnya. Rupanya ikan patin melimpah ruah disana sehingga variasi masakan berbahan ikan ini banyak ragamnya. You can have Sop ikan patin kuah asam, seger bgt using 18 ingredients and 6 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Sop ikan patin kuah asam, seger bgt

  1. Prepare 3 ekor of ikan patin.
  2. You need of Bumbu halus.
  3. You need 14 of sg bawang merah.
  4. You need 6 of sg bawang putih.
  5. Prepare 1 ruas of jahe.
  6. It’s 8 of cabe merah keriting (sesuai selera) (kelupaan gakpake😆😜).
  7. Prepare 1 ruas jari of kunyit.
  8. It’s of Bumbu pelengkap.
  9. Prepare 1 btg of sereh, memarkan.
  10. Prepare 5 lembar of daun jeruk.
  11. You need 7 of belimbing wuluh diiris (boleh ganti perasan air jeruk lemon).
  12. Prepare Secukupnya of air.
  13. It’s 15 of cabe rawit utuh.
  14. You need 1 sdt of gula pasir.
  15. You need Secukupnya of garam.
  16. It’s 1 blok of kaldu sapi.
  17. You need of Daun bawang iris secukupnya.
  18. You need 1 ikat of daun kemangi.

Saya tertarik mencobanya karena bumbunya yang berbeda dari sop ikan lainnya yang pernah saya coba plus irisan nanas membuat sop ikan patin yang satu ini menjadi spesial dengan rasa yang sangat segar. Masukkan air asam Jawa, belimbing wuluh dan tomat. Aduk dan masak hingga semua bahan matang. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa gula, garam dan asam.

Sop ikan patin kuah asam, seger bgt step by step

  1. Bersihkan ikan dan lumuri dengan jeruk nipis/lemon.
  2. Haluskan bumbu halu menggunakan minyak..jangan air.
  3. Tumis bumbu halus…tambahkan sereh, daun jeruk, kaldu sapi hingga wangi.
  4. Tambahkan air secukupnya, lalu tambahkan belimbing wuluh dan semua bahan pelengkap lainnya kecuali cabe rawit dan kemangi. Masak sampai air mendidih lalu beri gula dan garam secukupnya.
  5. Masukkan ikan patin dan tambahkan cabe rawit utuh.aduk perlahan dan diamkan sebentar sampai ikan matang.
  6. Koreksi rasa..lalu tambahkan daun kemangi dan irisan daun bawang…angkat dn sajikan.

Kuah harus terasa asam, asin dan sedikit manis. Asam pedas ikan kuwe ini lezat disantap dengan nasi putih. Saya udah nyoba bikin kuah asang versi ka Allisa pake ikan kembung + oyong, enak n seger bgt… Suami saya yg pemakan ikan sejati 🙂 lahap sekali. Kalo makan di ss.kadang suka pesen menu ini.telur dadar bakar gobal gabul.rasanya endes apalagi tambah sambel bikin kalap makannya 😋😋.utk nasi liwetnya ak bikin versi simpel aj tp tetep enak.kalo utk sambal dadak, resepnya udh ada di link. Dan menu sayur asam tempoyak ini termasuk menu favorit.