Recipe: Yummy Anak inti (Cemilan Khas Minangkabau)

Posted on

Anak inti (Cemilan Khas Minangkabau). Resep Anak Inti (Cemilan Khas Minangkabau). Posbar warga Sumbar dan Sekitarnya kali ini Maminang dong. Kalo di Minang sendiri Maminang artinya Melamar😉 tapi khusus di sini Maminang is Masakan Minang.

Anak inti (Cemilan Khas Minangkabau) Nah kalau yang ini pasti sudah sering dijumpai dimana-mana. Karupuak Sinjai yaitu kerupung singkong pedas khas Minangkabau. Cemilan ini sering dijadikan oleh – oleh dan bahkan sudah dijual juga di toko-toko di luar Minangkabau. You can cook Anak inti (Cemilan Khas Minangkabau) using 14 ingredients and 6 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Anak inti (Cemilan Khas Minangkabau)

  1. Prepare of Minyak goreng.
  2. You need of 🌸Inti (Unti Kelapa).
  3. Prepare of kelapa tua (me: sedang).
  4. Prepare of gula merah.
  5. It’s of air (±10 sdm).
  6. You need of tepung ketan.
  7. It’s of daun panda.
  8. Prepare of garam.
  9. You need of Unti Kelapa saya 👇 (lihat resep).
  10. It’s of 🌸Bahan Baluran.
  11. You need of terigu.
  12. It’s of tepung beras.
  13. Prepare of tapioka.
  14. Prepare of air.

Selain rasa pedas, ada juga rasa tawar dan rasa asin. Ada sejarah menarik dibalik kerupuak Sanjai. Tidak hanya menghadirkan rasa yang pedas dan gurih, sesuai dengan bagaimana Sumatera Barat biasanya dilihat, beberapa cemilan dari minang ini juga memiliki rasa manis. Mirip dengan kue Cucur khas Betawi, namun di Sumatera Barat dinamakan Pinyaram.

Anak inti (Cemilan Khas Minangkabau) instructions

  1. Siapakan semua bahan yg dibutuhkan.
  2. Karena saya mempunyai stock unti kelapa jadi tinggal ditambah garam dan tepung aduk rata masak hingga bisa dipulung.
  3. Untuk bahan Baluran aduk rata hingga tidak bergerindil. Adonan agak kental NB: penggunaan tepung tapioka bisa diabaikan jika akan disimpan..
  4. Ambil ½ sdm adonan unti bulat kan hingga habis. Saya pake takaran lebih cepat😂. Setelah dibulatin langsung Cemplung ke tepung..
  5. Panaskan minyak. Kemudian celupkan unti kelapa yg bulat tadi ke dalam baluran hingga kuning keemasan, tiriskan.
  6. Lebih enak kalau baru masih garing..

Pinyaram adalah salah satu penganan khas yang biasanya disajikan ketika menyambut hari raya dan perayaan tertentu, Untuk pesta pernikahan biasanya dimuat dalam ukuran besar sebesar piring, lalu dipotong-potong dan ada juga yang dijual sebagai oleh-oleh khas Minangkabau yang biasanya dikemas dalam bungkus plastik. Melancong ke Ranah Minang, Sumatera Barat, tidaklah lengkap apabila kamu belum mencoba jajanan khas tradisionalnya. Jajanan khas tradisional Minangkabau juga mempunyai banyak variasi. Mulai dari yang lezat, manis, legit, gurih bahkan yang pedas pun tersedia dan pastinya bisa bikin kamu ketagihan saking enaknya. Teksturnya juga renyah, jadi cocok disantap saat sedang bersantai bersama keluarga.