Recipe: Yummy Serundeng Kelapa ala Situbondo (sabur)

Posted on

Serundeng Kelapa ala Situbondo (sabur). Resep Serundeng Kelapa ala Situbondo (sabur). Ramadhan tinggal menghitung hari, stok makana kering dulu yuk. Lihat juga resep Sabur / Serundeng enak lainnya.

Serundeng Kelapa ala Situbondo (sabur) Lihat juga resep Dendeng Sapi Bumbu Kelapa 🍂 enak lainnya. Ini sdh kemarin bikinnya dan iseng sy posting stlh tinggal dikit dan sdh dingin nasinya. Sbnrnya pengin bikin ketan serundeng atau ketan sambal tapi males pergi beli ketannya. You can have Serundeng Kelapa ala Situbondo (sabur) using 12 ingredients and 5 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Serundeng Kelapa ala Situbondo (sabur)

  1. Prepare of Kelapa tua, uk besar.
  2. It’s of minyak goreng.
  3. It’s of Bumbu halus :.
  4. You need of Cabe Merah & Sesuai selera cabe rawit (bs di skip).
  5. You need of bawang putih.
  6. You need of kunyit.
  7. It’s of kencur (5 cm).
  8. You need of gula pasir.
  9. Prepare of garam.
  10. You need of ketumbar bubuk.
  11. It’s of chicken powder.
  12. You need of daun jeruk, iris kecil.

Keduanya juga makanan yang tahan lama. Kalau serundeng itu terbuat dari kelapa parut yang disangrai sama bumbu, garam, dan gula. Sementara abon dari suwiran daging yang dimasak dengan santan dan digoreng sampai kering. Abon sendiri ada banyak varian rasa, jadi kamu enggak cepat bosan.

Serundeng Kelapa ala Situbondo (sabur) instructions

  1. Haluskan bumbu dan daun jeruk. sisihkan. Kalo mau lebih pedas bisa di tambah dgn cabe rawit merah. Utk gula garam di koreksi pd saat proses ini ya…gak bisa di tambah2 pd saat kelapa sdh di sangrai..
  2. Sangrai kelapa sampai setengah kering dgn api kecil dan terus di aduk2 biar matang merata. Proses ini nggak lama kok, kurleb 5-8 mnt, angkat, Pindahkan ke wadah..
  3. Dgn wajan yg sama…Tumis bumbu sampe wangi dgn SEDIKIT minyak… setelah itu masukkan parutan kelapa tadi (yg sdh di sangrai setengah kering). Aduk rata. Gunakan api kecil..
  4. Sangrai kembali sampe benar2 kering… pisahkan kalo ada gumpalan bumbu yg menempel di kelapanya.. diurai pake sutil. sangrai sampe kering dgn terus di aduk2 biar matang merata. kalo sdh kering tandanya harum dan ketika di aduk tekstur nya tidak menggumpal..
  5. Setelah itu angin2kan sebentar, bisa jg di jemur sebentar. Tapi ini sdh kering bgt… krenyes2. Stlh dingin simpan di toples…kalo sdh bener2 kering bisa tahan sebulanan. Di taburi di nasi kebuli, nasi kuning, nasi goreng atau nasi putih biasa…enak bgt..👌.

Mau pakai ide ini anak kos? Nasi krawu merupakan salah satu masakan khas dari Gresik, Jawa Timur. Masakan ini terdiri dari potongan daging daging sapi yang sudah dibumbui. Ditambah sambal terasi dan serundeng serta lauk pauk lainnya. Asal nama krawu adalah masakan dari krawu kelapa ini.