Recipe: Tasty Sayur Bobor Hemat Enak Seger

Posted on

Sayur Bobor Hemat Enak Seger. Resep Sayur Bobor Hemat Enak Seger. Salah satu menu masakan masa kecil saya yang saya suka buanget. Sesusah apapun makan sayur, kalo udah dimasakin sayur bobor saya langsung lahap.

Sayur Bobor Hemat Enak Seger Nah kira-kira seperti apa cara memasak sayur bobor yang enak? Lihat juga resep Sayur Asem Jakarta Suegeeerrr. enak lainnya. Contohnya seperti sayur bobor daun adas, urap daun adas, pecel, lalapan, dan banyak masakan lainnya. You can have Sayur Bobor Hemat Enak Seger using 15 ingredients and 8 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Sayur Bobor Hemat Enak Seger

  1. You need 2 buah of oyong.
  2. Prepare 1 buah of wortel.
  3. You need 1 genggam of toge kedelai (bisa diganti toge yang lain).
  4. You need 1 genggam of jagung muda, bisa diganti jagung muda dipotong2 juga.
  5. It’s 50 ml of santan.
  6. You need of Air secukupnya (saya pakai kurang lebih 1,2 liter).
  7. Prepare of Bumbu.
  8. It’s 4 buah of bawang merah.
  9. It’s 2 siung of bawang putih.
  10. Prepare 1 ruas of kencur, kira-kira sebesar satu ruas jari telunjuk.
  11. Prepare 1/2 sendok teh of ketumbar.
  12. It’s 2 lembar of daun salam.
  13. You need 1 ruas of lengkuas, kira-kira sebesar ibu jari.
  14. You need secukupnya of Garam dan gula.
  15. Prepare 2-3 buah of cabai rawit jika suka agak pedas.

Terus terang saya belum pernah memasak daun adas diluar hanya digunakan sebagai bumbu rempah saja, tapi minggu lalu saya tertarik mencobanya ketika melihat daun ini cukup melimpah di Ranch Market. Lihat juga resep Sayur bobor pucuk ubi enak lainnya ; Sayur bobor terdiri dari dari berbagai jenis bahan dasar, mulai dari bayam, kangkung, dan yang paling umum adalah sayur bobor daun singkong. Tidak hanya enak dibuat sayur bening, bayam pula bikin ketagihan lho dibuat jadi sayur bobor. Resep Sayur Bobor rumahan berasal dari bayam serta labu siam berpadu menggunakan kuah gurih santan, juga kencur yg semakin membentuk cita cita rasa yang tinggi.

Sayur Bobor Hemat Enak Seger step by step

  1. Kupas bagian yang keras dari oyong, lalu potong sesuai selera. Saya sukanya potong bulet-bulet. Hehe. Wortel dikupas dan dipotong-potong juga. Toge atau kecambah dibersihkan dari kulit arinya, cuci bersih, lalu sisihkan..
  2. Uleg halus bahan bumbu kecuali daun salam dan lengkuas.
  3. Didihkan air di panci. Saat air mendidih, masukkan bumbu halus, daun salam, dan lengkuas. Rebus selama kurang lebih 1 menit..
  4. Masukkan wortel dan jagung. Rebus selama kurang lebih 3-4 menit..
  5. Setelah wortel dan jagung setengah matang, masukkan oyong dan toge. Rebus sampai warna putih di oyong agak jernih..
  6. Saat oyong hampir matang (bagian putihnya mulai jernih dan transparan, ku bingung ngasih taunya gimana. Hehe), masukkan santan dan terus aduk sampai santan tercampur rata dan mendidih kembali..
  7. Jika santan sudah tercampur, matikan kompor. Bumbui sayur dengan gula dan garam secukupnya. Kalau bisa jangan pakai micin karena akan menghilangkan rasa authentic sayur bobornya. Kalau pengen banget dikasih penyedap rasa, sebaiknya pakai kaldu jamur atau kaldu ayam saja. Pokoknya jangan pakai micin soalnya kurang cocok aja kalo dipake ke sayur bobor..
  8. Dimakan pakai nasi sama tempe goreng enak bangettt. Untuk resep tempe gorengnya teman-teman bisa liat di resep yang aku lampirkan di bawah ini yaa. Oiya, ini karena aku suka sambel, meskipun sayurnya udah pedes kutambahin pake sambel terasi lagi. Beuuh nikmatnyaaa. (lihat resep).

Citarasa dari sayur bobor bayam ini begitu enak dan gurih, jadi sangat pas untuk anda jadikan teman nasi dan ditambah dengan sambal. Sayur yang satu ini mudah sekali untuk kita buat sendiri dirumah, ingin menikmati Aneka Resep Sayur Bayam Enak Gurih Kekinian Buatan Di. Beragam resep ini sangat cocok bagi kamu ibu muda yang ingin merayu buah hatinya.. Siapapun bisa bikin masakan berbahan sayur dengan mudah. Pesannya gampang dan pengiriman cepat langsung ke lokasi kamu.