Recipe: Delicious Pinukuik (Cemilan Khas Sumatera Barat)

Posted on

Pinukuik (Cemilan Khas Sumatera Barat). Pinukuik, Cemilan Khas Minang yang tak Pupus Ditelan Zaman Redaktur: Muhsin Efri Yanto. Pinukuik merupakan jajanan manis khas Sumatera Barat yang tampilannya mirip dengan kue surabi atau kue apem panggang. Pinukuik ini dibuat dari bahan dasar tepung beras, santan, dan gula yang kemudian dipanggang dalam cetakan khusus.

Pinukuik (Cemilan Khas Sumatera Barat) Kalau lagi jalan-jalan di Sumatera Barat, enak banget nih kalau sarapannya pakai pinukuik lalu minumnya teh talua. Sedangkan pinukuik bisa langsung dimakan karena rasanya sudah manis. Pinukuik adalah makanan ringan bisa dihadirkan untuk sarapan dan cemilan. You can cook Pinukuik (Cemilan Khas Sumatera Barat) using 7 ingredients and 8 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Pinukuik (Cemilan Khas Sumatera Barat)

  1. It’s of tepung beras.
  2. It’s of tape singkong.
  3. Prepare of gula pasir.
  4. Prepare of air.
  5. It’s of kelapa parut (putihnya).
  6. It’s of garam.
  7. You need of Garam.

Tak sulit membuatnya, pinukuik nyaris ada di setiap nagari-nagari di Sumatera Barat. Pinukuik berbentuk bundar dengan warna dominan putih agak kecoklatan. Di seluruh penjuru Nusantara terdapat berbagai kuliner sedap termasuk di Sumatera Barat, ada beragam camilan dan masakan lezat yang harus kamu coba apalagi ketika berkunjung ke sini. Walaupun makanan ini adalah makanan tradisi dari dahulunya, namun akan selalu cocok di lidah dan harganya pun tergolong murah.

Pinukuik (Cemilan Khas Sumatera Barat) instructions

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan.
  2. Dalam wadah aduk tepung, ragi dan gula.
  3. Saring tape singkong kemudian masukan dalam adonan tepung tadi aduk rata..
  4. Tambahankan air dan garam aduk rata kemudian diamkan selama 1 jam jangan lupa ditutup pake kain/wrap..
  5. Panaskan cetakan dan olesi tipis margarin..
  6. Setelah 1 jam masukan kelapa parut dan aduk rata..
  7. Tuang ke dalam cetakan dan tunggu hingga berpori baru tutup kering/adonan jadi warna gelap buka dan balik, masak hingga matang..
  8. Sajikan bersama teh. Dan lebih enak kalau habis masak sampai lupa sudah habis berapa biji 😂.

Nah, kali ini team reservasiku akan membahas tentang kuliner tradisional dari daerah Sumatera Barat yaitu pinukuik. Sekilas jika dilihat dan dicermati makanan ini sungguh-sungguh mirip dengan Surabi di Bandung atau Serabi kalau di Jawa. Rasa , Tekstur dan bahan-bahan dasarnya pun malah sama. Kue Pinukuik, camilan khas Sumatera Barat. Pinukuik Enggi adalah salah satu pinukuik yang istimewa di Kota Painan.