Recipe: Yummy Sego Gurih ala Sekaten

Posted on

Sego Gurih ala Sekaten. Sego Gurih ini memang tidak sepenuhnya khas dari acara Sekaten. Akan tetapi hidangan lezat ini pernah menjadi panganan tradisional setara dengan gudeg. Akan tetapi semakin lama nama makanan ini hampir tidak dikenal oleh banyak orang.

Sego Gurih ala Sekaten Sepintas Sego Gurih nampak mirip dengan nasi kuning dan nasi uduk tapi tekstur nasinya jauh lebih keras dan tidak lembek. Lauk yang menyertai Sego gurih ini juga berbeda dari nasi kuning yang biasa kita beli, jenis lauk yang disajikan sangat bervariasi mulai dari kedelai putih goreng, kedelai hitam goreng, rese (kulit udang kering) goreng, sambel pecel, daging ingkung suwir, telur bumbu opor. Namun, yang membedakannya, sego gurih khas sekaten Yogyakarta ialah sambal goreng krecek maupun sayur gudeg. You can cook Sego Gurih ala Sekaten using 12 ingredients and 3 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Sego Gurih ala Sekaten

  1. It’s 500 g of beras.
  2. Prepare 750 ml of santan kental.
  3. Prepare 5 lembar of daun salam.
  4. Prepare 1 batang of serai.
  5. Prepare 1 siung of bawang merah.
  6. Prepare 1/2 sdm of (munjung) garam.
  7. It’s of Pelengkap.
  8. Prepare of Telur dadar rawis.
  9. You need of Lalapan timun.
  10. It’s of Sambel pecel (yg belum diencerkan).
  11. Prepare of Kacang goreng.
  12. You need of Bawang goreng.

Sedangkan bahan lainnya sama seperti nasi uduk yang biasa ditemui di berbagai tempat, yakni terdiri dari taburan kacang kedelai, ketimun, daun kemangi, emping, kerupuk, dan taburan bawang goreng. Yogyakarta – Keraton Yogyakarta menggelar tradisi Sekaten untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Dalam gelaran itu bisa dinikmati nasi gurih berlauk komplet tang sedap. Sebenarnya Sego Gurih bukan sepenuhnya sajian khas Sekaten.

Sego Gurih ala Sekaten instructions

  1. Cuci bersih beras dan tiriskan. Masak santan bersama semua bumbu hingga panas saja (belum mendidih).
  2. Masukkan beras dan masak hingga santan habis dan menjadi nasi aron.
  3. Kukus nasi aron selama kurang lebih 45 menit. Angkat dan sajikan bersama lauk pelengkapnya..

Dulunya hidangan ini biasa dijajakan sebagai penganan tradisional layaknya penjaja gudeg saat ini. Namun sego gurih semakin lama tergerus oleh perkembangan masa dan akhirnya tidak banyak lagi menjumpai sego gurih di kota Jogja. Sego Gurih merupakan salah satu daya tarik kuliner yang dijajakan setiap tahun di halaman Masjid Besar Kauman Kraton Yogyakarta menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad. Makanan ini mulai dijajakan saat Perayaan Sekaten dimulai atau saat Miyos Gongso (turunnya gamelan kraton ke halaman masjid) hingga Kondur Gongso (kembalinya gamelan kraton ke dalam bangsal kraton). Salah satunya adalah kuliner Sego Gurih yang hanya terdapat pada perayaan sekaten.