Recipe: Appetizing Opor Ayam Khas Lebaran ala MamaOka

Posted on

Opor Ayam Khas Lebaran ala MamaOka. Resep Opor Ayam Khas Lebaran ala MamaOka. Sepertinya kalo tinggal di jawa ini lebaran nggak sah ya.kalo nggak ada opor ayam.sbg syarat aja ya.kalo kami di bangka dulu.syaratnya lebaran itu harus ada rendang .hehe. Lihat juga resep OPOR AYAM TELUR🍲 RINDU LEBARAN♥️ enak lainnya.

Opor Ayam Khas Lebaran ala MamaOka Resep & Cara Membuat Opor Ayam Khas Lebaran. Lengkap dgn Bahan-bahan serta Bumbu Pelengkap untuk Menghasilkan Opor Ayam Kuning yang Enak, Gurih & Spesial! Suara.com – Hari Raya Idul Fitri rasanya memang kurang afdol jika belum menyantap opor ayam. You can have Opor Ayam Khas Lebaran ala MamaOka using 19 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Opor Ayam Khas Lebaran ala MamaOka

  1. You need of daging ayam.
  2. It’s of santan kental.
  3. It’s of santan encer.
  4. Prepare of Bumbu Yg dihaluskan:.
  5. You need of bawang merah besar (jika kecil2 20 siung).
  6. It’s of bawang putih ukuran sedang.
  7. You need of jahe.
  8. It’s of lengkuas.
  9. It’s of Kunyit(Bakar,Cuci,Kupas).
  10. It’s of kemiri.
  11. Prepare of Bumbu Pelengkap:.
  12. You need of serai(geprek).
  13. Prepare of Lengkuas.
  14. You need of daun jeruk(buang tulangnya).
  15. Prepare of garam.
  16. Prepare of kaldu rasa ayam(saya pake indofood kaldu blok rasa ayam).
  17. Prepare of Gula 1 sdm(optional).
  18. It’s of minyak goreng.
  19. Prepare of margarin.

Oleh karenanya berikut Suara.com akan membagikan resep opor ayam agar lebaran di rumah Anda dan keluarga semakin berkesan. Memiliki cita rasa gurih, manis dan nikmat, tak heran jika opor ayam ini jadi hidangan khas lebaran primadona masyarakat Indonesia. Satu makanan khas yang disajikan saat Lebaran adalah opor ayam. Hampir setiap keluarga di Indonesia akan menyajikan opor pada Hari Raya Idul Fitri.

Opor Ayam Khas Lebaran ala MamaOka step by step

  1. Siapkan semua bahan.Blanching dulu ayamnya.Teknik blanching bisa dilihat pada referensi yg terlampir. Santan dibagi dlm 2 wadah.Satu encer dan satu lagi santan kental.Santan Kental dari 150 ml kara+100 ml air panas.Aduk2 rata.Didihkan pd wajan dgn api kecil sambil terus diaduk2.Setelah mendidih sisihkan.Siapkan Santan encer 100 ml(50 ml kara+150 ml air)pd wadah lain.Jika digunakan santan asli tentu lebih baik ya moms. (lihat resep).
  2. Siapkan semua bumbu2..
  3. Haluskan bumbu yg harus dihaluskan.Saya menghaluskannya dgn blender tabung kecil yg saya beri 3 sdm minyak goreng..
  4. Panaskan wajan.Tunggu hingga benar2 panas.Beri 1 sdm margarin jgn kasih minyak lg krn bumbu telah kita blender bersama minyak goreng.Tumis bumbu halus hingga harum sekitar 1 menit ya biar bumbu benar2 matang.Setelah 1 menit masukkan bumbu2 daun2an nya.Masukkan daging ayam yg telah diblanching aduk2 hingga bumbu merata dan meresap pada ayam.Beri santan encer.Aduk rata.Tutup wajan masak ayam dgn api kecil selama 25 menit(tutup jgn dibuka2).Jika punya alat presto lebih baik dipresto ya moms..
  5. Setelah 15 -20 menit buka tutup wajan bumbui ayam dgn gula,garam, maggie blok rasa ayam.Aduk rata.Tuangkan santan kental.Aduk rata saja.Jgn masak santan lama2 krn santan telah matang.Koreksi rasa.Jika udah pas pindahkan ke wadah saji lalu sajikan.Jgn lupa taburi opor ayam dgn bawang merah goreng..

Uniknya, ada dua jenis opor ayam, yakni kuning dan putih. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak. Kamu bisa bikin opor ayam putih yang rasanya sama-sama enak. Inilah cara membuat dan resep opor ayam putih untuk sajian Lebaran. Resep Opor Ayam – Opor ayam adalah salah satu masakan khas Indonesia yang menjadi hidangan khas lebaran.