How to Prepare Yummy Nastar Lebaran

Posted on

Nastar Lebaran. Kue nastar menjadi salah satu kue kering yang spesial dan disajikan saat Lebaran. Berisi selai nanas yang lembut dan legit, membuat kue ini menjadi suguhan wajib saat Hari Raya.. Nastar, Kue Lebaran Khas Belanda – Tak terasa lebaran segera tiba.

Nastar Lebaran Nastar menjadi salah satu kue kering yang harus ada saat lebaran. Sebentar lagi udah mau lebaran ya mommies pastinya sudah mulai mencari resep kue kering. Hari ini saya mau membuat kue nastar enak lembut dan lumer di mulut. You can cook Nastar Lebaran using 14 ingredients and 9 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Nastar Lebaran

  1. Prepare of tepung terigu pro sedang (Segitiga biru).
  2. It’s of tepung maizena.
  3. You need of gula halus.
  4. You need of kuning telur.
  5. It’s of blueband.
  6. It’s of susu bubuk (dancow).
  7. You need of Garam & Vanila (1/4sdt).
  8. Prepare of Keju parut atau chocochip (untuk hiasan).
  9. You need of Selai nanas bisa beli jadi aja ya kak.
  10. You need of Untuk lapisan luar.
  11. Prepare of Parutan keju (secukupnya).
  12. You need of Kuning telur.
  13. You need of Pewarna kuning 1-2 tetes saja.
  14. Prepare of Madu (bisa pakai bisa tidak).

Kue nastar ini paling banyak dicari dan disajikan pada saat lebaran, natal maupun imlek. Proses membuat kue nastar yang enak lembut dan lumer di mulut ini lumayan lama. Nastar dan kastengel tetap menjadi primadona di lidah masyarakat. Menurut pengamatan pendiri dan ketua Komunitas Kuliner Natural Cooking Club (NCC), Fatmah Bahalwan, animo masyarakat di lebaran kali ini masih tetap bagus.

Nastar Lebaran step by step

  1. Masukkan bahan kering seperti Tepung terigu, Tepung maizena, gula halus, dan kuning telur, susu bubuk, garam dan vanili. Mixer bahan dari kecepatan rendah sampai sedang.
  2. Setelah tercampur, masukkan blueband lalu mixer kembali sampai adonan tercampur dengan rata.
  3. Jika sudah tercampur, buat bulatan kecil, bisa diukur menggunakan sendok teh atau bisa pakai tutup botol, taruh di loyang, diamkan sebentar.
  4. Selanjutnya selai, jika selai membeli jadi (panaskan dulu sebelum digunakan, goreng sampai sedikit mengering).
  5. Setelah itu bentuk bulatan kecil (buat isi) tata dalam wadah, masukkan kedalam kulkas kira2 1jam agar selai tidak lembek dan tidak retak jika diletakkan dalam nastar.
  6. Setelah itu, masukkan selai nanas kedalam bulatan kulit nastar, (bulatkan jangan sampai retak, dan selai nanas tidak keluar).
  7. Setelah semuanya selesai, olesi atas nastar dengan kuning telur, pewarna kuning dan madu yang sudah di campur, olesi pakai kuas ya.
  8. Hias bagian atas nastar dengan keju parut atau chocochip sesuai selera ya 🤗.
  9. Panggang dengan oven tangkring, selama 30-40 menit, angkat lalu sajikan.

Jakarta – Idul Fitri atau Lebaran tak lepas dari sajian kue kering yang disajikan untuk keluarga dan kerabat. Salah satu yang tentunya sayang dilewatkan adalah kue nastar, Bun. Sebenarnya nastar tak hanya lekat dengan lebaran, Natal atau perayaan tahun baru saja, kue kering ini pun akrab sebagai sajian yang melambangkan datangnya keberuntungan saat perayaan Imlek bagi. Kue kering favorit saya ketika lebaran, sudah saya sebutkan diatas, Nastar dan kastengel. Tapi seringnya sih Nastar, karena saya punya favorit Penjual Kue kering setiap Lebaran tiba.